Cara Membuat Sari Kacang Hijau Untuk Ibu Hamil

Cara Membuat Sari Kacang Hijau Untuk Ibu Hamil

Cara Membuat Sari Kacang Hijau Untuk Ibu Hamil - Selamat pagi semuanya kembali lagi dengan saya Chef Eren, cukup lama sekali saya tidak memposting lagi artikel - artikel tentang resep - resep makanan di blog ini. Pada kesempatan kali ini Chef Eren akan membagikan artikel mengenai cara membuat sari kacang hijau untuk ibu hamil.

Sudah pada tau belum, apa aja sih manfaat Sari Kacang Hijau Untuk Ibu Hamil itu? tentu saja banyak sekali kandungan - kandungan yang ada di sari kacang hijau salah satunya yaitu protein nabati yang cukup tinggi. Oleh karena itu, berbagai macam cara pengolahan dari kacang hijau untuk dimanfaatkan khasiatnya salah satunya yang terkenal di indonesia yaitu bubur kacang hijau ( Baca Juga Cara Membuat Bubur Kacang Hijau Tanpa Santan ), tak hanya bubur kacang hijau saja tetapi kecambahnya pun dapat dimanfaatkan untuk sayur - sayuran misalnya lontong balap. Kacang Hijau juga merupakan sebuah tumbuhan yang banyak sekali manfaatnya dan dapat dimanfaatkan untuk dijadikan kedelai.

Kandungan - kandungan yang ada di kacang hijau ini juga cukup banyak antara lain,

1. Protein

Kacang hijau memiliki protein nabati tinggi kurang lebih 24% (sekitar 7 gram/100 gram kacang hijau).

2. Karbohidrat

Tak hanya Proten nabati saja tetapi kacang hijau pun memiliki karbohidrat kurang leboh 19 gram/100 gram karbohidrat kompleks

3. Serat

Kacang hijau memiliki serat sekitar 7,6 gram/100 gram.

4. Vitamin

Tak hanya itu saja, kacang hijau memiliki kandungan vitamin yang banyak sekali seperti vitamin A (157 IU), vitamin B1 (0,72 mg/100 gram), dan vitamin B2 (0,45 mg/100 gram), serta vitamin C (3,0 mg/100 gram).

5. Asam Folat

Selain itu, kacang hijau juga memiliki kandungan Asam Folat sekitar kurang lebih 159 µg untuk 100 gram sajiannya.

6. Lemak

Kandungan lemak yang dipunyai oleh kacang hijau tergolong sedikit sekali.

7. Mineral

Kandungan kalsium (27 mg/200 gram) dan fosfor (99 mg/100 gram).

Itulah kandungan - kandungan yang dimiliki oleh kacang hijau, sekarang kita bahas saja cara membuat sari kacang hijau untuk ibu hamil berikut ini.

Bahan - bahan cara membuat sari kacang hijau untuk ibu hamil :

  • kacang hijau 250 gram
  • gula pasir 550 gram
  • Bp 2.5 gram
  • garam 1/4 sendok teh
  • jahe 4 cm
  • daun pandan 2 lbr
  • air untuk merebus 1 liter
  • air hangat 1 liter
  • kara kecil (sesuai selera sih pake apa gak) 1 sachet


cara membuat sari kacang hijau untuk ibu hamil :

  1. Pertama - tama siapkanlah bahan - bahan yang saya tulis di atas tersebut.
  2. Lalu, rendamlah kacang hijau tersebut dengan BP. Sekitar 4 jam an, fungsinya ialah supaya cepat matang (Saya biasanya sebelum tidur rendam nya. Esoknya sudah siap untuk dimasak).
  3. Setelah itu, tiriskan lalu cuci bersih kacang hijau tersebut hingga gak licin (catatan : rebus dengan 1 lt air, jahe sampai lunak dan merekah. angkatlah dan pisahkan air dgn kacang hijaunya tersebut)
  4. Sesudah itu, blender kacang hijau tersebut dgn tambahan sedikit air hangat sampai benar - benar halus ( saya biasanya ga disaring sebab ampasnya itu banyak sekali seratnya. Tapi kamu boleh pula menyaringnya)
  5. Kemudian, campurlah sari kacang tersebutr dgm gula pasir, garam, dan pandan serta kara (kalo mau). (catatan : masak hingga mendidih sambil diaduk supaya gak pecah lalu angkat dan dinginkan)
  6. Sari kacang hijau pun siap untuk disajikan dengan keadaan hangat atau dingin semua OKE (y)


Ya seperti itulah cara membuat sari kacang hijau untuk ibu hamil, cukup mudah bukan? Oke cukup sekian artikelnya semoga Anda berhasil membuatnya, sampai jumpa di artikel selanjutnya ya! Semoga sukses :).

Tags : resep sari kacang hijau untuk ibu hamil, manfaat sari kacang hijau untuk ibu hamil dan janin, resep sari kacang ijo untuk ibu hamil, cara membuat jus kacang hijau untuk ibu hamil, cara membuat sari kacang hijau buat ibu hamil

Cara Membuat Sari Kacang Hijau Untuk Ibu Hamil

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Cara Membuat Sari Kacang Hijau Untuk Ibu Hamil"

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.