Resep Asinan Sayur Betawi Bumbu Kacang

resep asinan sayur betawi bumbu kacang

Resep Asinan Sayur Betawi Bumbu Kacang - Sudah pernah mendengar masakan yang satu ini? yaps nama makanan yang satu ini adalah asinan. Asinan merupakan makanan asli Indonesia dan yang terkenal adalah asinan dari betawi dan bogor. Asinan juga merupakan sejenis makanan yang diciptakan dengan cara pengacaran yakni lewat pengasinan dengan bumbu garam atau diasamkan dengan memakai cuka, lalu bahan - bahan yang diacarkan ialah beragam macam sayuran dan buah -buahan. Makanan yang satu ini bisa dibilang mirip sekali dengan rujak, hanya saja perbedaannya yang menonjol ialah dari segi penyajiannya yakni rujak disajikan dengan bahan yang masih segar, sedangkan untuk asinan memakai bahan yang sudah diasinkan atau diacarkan.

Saya pribadi sangat menyukai makanan yang satu ini sebab dulu ibu saya sering membuatkan makanan yang satu ini saat akhir pekan jadi keluarga saya bisa dibilang sering makan makanan yang satu ini dan alhasil saya pun juga jadi terbiasa untuk memasaka makanan yang satu ini hehehe. Baiklah langsung saja kita bahas artikel mengenai resep asinan sayur betawi bumbu kacang berikut ini.

Pertama - tama Anda terlebih dahulu menyiapkan bahan - bahan yang ada dibawah ini, bahan - bahannya mudah dicari lo di pasaran.

Bahan - bahan resep asinan sayur betawi bumbu kacang :

  • 1/2 buah kol
  • 2 buah wortel
  • 1 bungkus tauge
  • 3 buah timun
  • 1 bungkus sawi asin


Bumbu untuk Kacang :

  • 10 buah cabe merah
  • 15 buah cabe rawit setan
  • secukupnya terasi
  • 1/4 kg kacang tanah
  • secukupnya garam


Bumbu untuk Air Gula :

  • secukupnya air
  • 1/2 bungkus panjang asem jawa
  • secukupnya cuka dapur
  • 5 buah gula merah


Langkah - langkah resep asinan sayur betawi bumbu kacang :

  1. Pertama - tama, siapkan wadah untuk merendam sayur - sayuran tersebut, yg berisi campuran 4 sendok makan cuka dan air.
  2. Lalu, bersihkan terlebih dahulu wortel tersebut lalu Irislah seukuran dengan korek api. Dan selanjutnya taruh ke wadah.
  3. Kemudian, bersihkan kol tersebut lalu Iris dan tuangkan ke wadah.
  4. Selanjutnya, bersihkan taoge dan taruh ke wadah.
  5. Setelah itu, bersihkan timun tersebut. Lalu diiris ketika disajikan. Untuk sawi asin, saya biasanya membersihkan dan merebus lagi sebentar.
  6. Untuk membuat sambal asinan. Rebus cabe terlebih dahulu lalu tiriskan dan selanjutnya blender bersama terasi dan garam secukupnya saja. Kemudian sisihkan.
  7. Untuk membuat bumbu kacang. Goreng terlebih dahulu kacang tanahnya selanjutnya Anda tiriskan. Kalau sudah terasa dingin selanjutnya dapat Anda blender sedikit - sedikit. Bisa Anda taburkan kacangnya sedikit - sedikit.
  8. Kalau Anda lebih suka untuk dipisah antara sambal dengan bumbu kacang maka itu juga dipersilahkan. Tetapi, untuk resep kali ini saya campur sambel dengan bumbu kacangnya. Selanjutnya, tambahkan air secukupnya supaya tk terlalu kekentalan.
  9. Untuk air gula asamnya. Tuangkan asam jawa sekitar kurang lebih 250 mili air kedalam panci. Lalu Remas - remas dulu asam jawa tersebut. Selanjutnya panaskan dan tuangkan irisan gula merah tersebut. Lalu, Aduk - aduk sampai mendidih. Kemudian, sisihkan dan saring.
  10. Untuk penyajiannya. Campurkan seluruh sayuran, bumbu sambal kacang, dan larutan gula, serta taburi dengan kacang tanah dan kerupuk mie.
  11. Asinan Khas Betawi siap dimakan.


Sekian artikel mengenai resep asinan sayur betawi bumbu kacang, semoga dapat bermanfaat untuk Anda sekalian. Semoga berhasil :). - Resep Asinan Sayur Betawi Bumbu Kacang

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Resep Asinan Sayur Betawi Bumbu Kacang"

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.